Jumat, 15 November 2013

Posted by Unknown
No comments | 00.12
Pelatihan Komputer Dan Jaringan

Penjelasan mengenai kondisi masyarakat yang akan mengikuti kegiatan pelatihan jaringan dengan peserta yang berjumlah 40 orang yang berasal dari kenagarian koto tangah simalanggang. Peserta yang mengikuti pelatihan jaringan, tidak hanya orang tua saja tetapi lebih di utamakan pemuda/pemudi kenagarian koto tangah simalanggang yang putus sekolah dan yang tidak mempunyai pekerjaan. Pada kegiatan pelatihan jaringan ini team PHBD mengajarkan cara membuat dan mengunakan kabel straight dan cross. Disini kami juga  memberikan kabel, rj45,lan tester dan crimping tools ke peserta pelatihan jaringan untuk merancang sebuah jaringan komputer.
Setelah peserta merancang kabel lalu team PHBD mengajarkan cara memakai kabel straight dan cross di komputer di komputer masing – masing peserta. Disini kami mengajarkan bagaimana mengirim data atau mengambil data dengan tidak menggunakan flashdisk atau cd dan semacam media penyimpanan lain nya. Kami mengajarkan cara mengirim data dengan menggunakan kabel utp baik cross ataupun straight  dan cara chatting di jaringan komputer tanpa menggunakan media internet,yaitu dengan mengunakan software bawaan dari windows yang disebut net meeting dengan menghubungkan seluruh kabel utp ke komputer dengan menggunakan switch hub.
Peserta yang mengikuti pelatihan komputer dan jaringan, secara tekhnis pengunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan masalah-masalah sosial, etika dan ekonomi. Biasa nya yang digunakan oleh masyarakat koto tangah simalanggang jaringan tanpa kabel atau disebut wifi. Jaringan mengunakan kabel mempunyai berbagai manfaat untuk kemudahan dalam komunikasi dan lain lain. Team PHBD mendapatkan gambaran umum mengenai mata kuliah yang akan diberikan kepada peserta dan mengerti benar tujuan yang diberikannya kepada peserta pelatihan jaringan. Dari pelatihan tersebut sangat penting buat peserta yang putus sekolah atau orang tua yang ingin menambah ilmu dan menambah pengalaman buat bekal saat bekerja.

            Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam Pelatihan Jaringan ini menggunakan metode dan teknik,  dari data dan informasi yang akurat  yang telah di dapatkan di lokasi tempat Platihan Jaringan tersebut. Metode dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.     Wawancara, dilakukan wawancara dengan beberapa pertanyan  kepada, Wali Nagari Koto tangah Simalanggang dan tokoh-tokoh masyarakat setempat, dan serta responden yang terdapat dalam data Primer.
2.   Pengamatan, mengamati lansung lokasi Pelatihan Jaringan tersebut dan melihat lansung masalah-masalah dan gejala yang ada di lokasi yang akan diadakan Pelatihan Jaringan tersebut. Yang tujuannya untuk mencegah adanya hambatan disaat mengadakan Pelatihan Jaringan tersebut.
3.  Dokumentasi, mengadakan pencatatan dan pengumpulan informasi yang akurat dan dokumen-dokumen dilokasi Pelatihan jaringan  yang ada pada responden, terutama yang berkaitan dengan masalah-masalah dan gejala dilokasi yang akan diadakan Plattihan Jaringan tersebut.

            Pemahaman konsep teori adalah pendekatan pembelajaran yang secara lansung yang diberikan kepada peserta agar peserta mengetahui bagaimana memahami konsep teori Pelatihan jaringan.  Dan peserta diharapkan untuk memahami dan mengerti tentang konsep teori Pelatihn Jaringan ini dikarenakan Pelatihan Jaringan ini dapat memberikan peserta ilmu yang berguna .
Langkah – langkah dalam memahami konsep Pelatihan Jaringan ini adalah :
1.      Peserta dibimbing untuk memahami teori bahasan Pelatihan Jaringan yang terkandung didalam materi Pelatihan Jaringan tersebut.
2.      Proses pemahaman konsep dan subkonseb teori  Pelatihan Jaringan adalah yang menjadi sasaran utama pembelajaran Pelatihan Jaringan.

Pendekatan proses adalah pengajaran memberikan kesempatan kepada peserta untuk ikut memahami proses atau penyusunan suatu konsep bahsan teori Pelatihan Jaringan  agar menjadi suatu keterampilan di ilmu Jaringan komputer.
            Langkah-langkah dalam Pendekatan Proses
1.    Penalaran yang bermula dari umum kekeadan khusus sebagai pendekatan pengajaran yang bermula dengan menyajikan aturan langkah umum diikuti dengan contoh-contoh atau penerapan aturan prinsip umum ke dalam pemahaman peserta Pelatihan Jaringan.
2.   Mengembangkan kemampuan peserta dalam keterampilan di bidang Jaringan komputer dan dalam langkah-langkah teknik, tahpan seperti melakukan pengamatan, memahammi konsep, dan mengamunikasikan hasil pengamatan tentang Pelatihan Jaringan ini.

      Dalam pelaksanaan survey dan pengumpulan data, Anggota secara aktif ke lapangan untuk mendapatkan data yang akurat dengan melakukan kajian analisa kuantitatif dan kualitatif, yang dikumpulkan dari:
1. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengisian kuesioner dengan melakukan pendekatan ke masing-masing desa/kelurahan di Kenagarian Simalanggang
2.  Data sekunder diperoleh melalui instansi terkait, laporan hasil studi yang dilakukan oleh instansi pemerintahi untuk Remaja yang putus sekolah .
 




0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger news

Blogger templates

About